Kisah Peternak Kambing Dalam Sesi Andrew Hidayat KPK -->

Kisah Peternak Kambing Dalam Sesi Andrew Hidayat KPK

Selasa, 21 Juli 2020

Setiap orang yang berprofesi sebagai pedagang pasti pernah mengalami untung dan rugi.namun lain cerita nya dengan kisah peternak kambing yang satu ini ,dan kisah ini admin rangkup dalam sesi Andrew hidayat KPK (kisah peternak kambing ).


Kambing merupakan salah satu hewan yang mudah ditemui. Sayangnya, aroma hewan satu ini tidaklah sedap. Di sisi lain, permintaan hewan ini tidak pernah sepi, khususnya di hari-hari tertentu, seperti Hari Raya Idul Adha Bisnis di sektor peternakan masih dianggap menguntungkan, khususnya ternak kambing.

Hal ini diungkap oleh Budi Susilo Setiawan, salah seorang peternak kambing dan domba di Desa Tegalwaru, Bogor Budi bercerita sudah 16 tahun menekuni bisnis ternak kambing dan domba.

Awalnya pria lulusan Fakultas Peternakan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini hanya menjual kambing titipan petani di tahun 2002 lalu.

Andrew Hidayat KPK


 Setiap tahun, jumlah ternak kambing Budi bertambah. Tahun 2004, tercatat kambing ternak Budi bertambah menjadi 100 ekor dan yang siap dijual sebanyak 106 ekor. “Di tahun 2005 itu memutuskan untuk perbesar kandang, dengan begitu jumlah kambing yang diternak sebanyak 500 ekor dan dijual 800 ekor,” kisahnya.

namun ternyata jalan Budi tak lah selalu semulus dan seindah itu ,Di tahun 2008, hasil penjualan sapi yang disebarnya ke beberapa wilayah seperti Solo hingga Yogyakarta tak kunjung datang. Beberapa peternak di daerah yang menjadi mitranya tidak memberi hasil penjualan sapi yang sudah didistribusikan Budi.

 Padahal, sapi-sapi tersebut merupakan hewan ternak dari program Badan Usaha Milik Negara (BUMN). lalu budi memutuskan untuk menjual lahan seluas 1,5 hektare yang dia miliki kala itu. Namun, penjualan lahan pun tidak secepat yang diharapkan.

Hingga Budi memutuskam untuk menjual lahannya secara kavlingan. Masalah ini pun mampu diatasinya hingga bisa menghasilkan sebanyak 600 ekor kambing dan domba. 

Selain itu, Budi juga menambah jumlah ternak sapi menjadi 100 ekor sekarang ini. nah bagaimana Apakah anda tertarik juga untuk ikut terjun dalam bisnis peternakan kambing ?

 mau tau lebih banyak tentang peternakan ikuti terus sesi Andrew hidayat kpk yang akan terus menyajikan tips dan trik dalam beternak tentu nya dalam sesi Andrew Hidayat KPK akan selalu memberikan tips terbaik untuk pembaca semua

 simak juga kisah inspiratif lain nya :